Menyajikan Informasi Penting Untuk Anda.

Minggu, 10 Maret 2019

Format Cara Menciptakan Nomor Surat Resmi Yang Baik Dan Sesuai

Sebagai seorang yng aktif dalam pekerjaan sipil tentu kau akan sering bertemu dengan dokumen forma atau surat resmi. Ya surat resmi merupakan surat yang memang ditujukan untuk sebuah instansi atau ketenegaraan dengan hukum juga norma yang telah dibuat.

Sehingga jikalau kau tidak mengikuti hukum serta norma yang berlaku pada sebuah instansi tersebut ya dapat jadi kau tidak akan dapat diterima bahkan kau akan di usir alasannya yaitu tidak sesuai dengan apa yang telah mereka buat dan setujui.

Nahh begitu juga untuk dokumen, ada norma-norma yang harus kau siapkan juga lakukan semoga dokumen yang kau serahkan kepada sebuah instansi tersebut dapat segera diterima dengan maksud dan tujuan tertentu. Karena pengajuan surat resmi terang mempunyai maksud juga tujuan tertentu pada untuk sebuah instansi.

Baik itu untuk MOU atau surat perjanjian juga sebagai tanda bukti bahkan sebagai tanda serah terima pada suatu ketentuan. Untuk pengertiannya berikut kami akan jelaskan.

Apa itu Surat Resmi?
Sebelum membahas cara menciptakan nomor surat resmi yang benar, ada baiknya kau mengetahui terlebih dahulu apa itu surat resmi. Surat resmi merupakan surat dibentuk dan dipakai untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi. Jenis surat yang satu ini mempunyai beberapa bagian-bagian dalam sistem penulisannya.

Adapun bagian-bagian tersebut yaitu kop atau kepala surat, kawasan dan tanggal surat, nomor surat, lampiran (jika diperlukan), perihal, alamat tujuan, salam pembuka, isi, salam penutup, nama pengirim dan tanda tangan, serta tembusan.

Namun tidak akan saya bahas semuanya, tetapi untuk nomor suratnya saja yang letaknya ada di pojok kiri atas di bawah kop surat.

Cara Membuat Nomor Surat Resmi yang Benar
Menulis nomor surat resmi tidak dapat kau lakukan secara sembarangan. Pasalnya setiap nomor surat resmi tersebut mengandung makna dan arti khusus tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

Untuk mengetahui wacana penulisan nomor pada surat resmi, berarti kau harus memahami bagaimana sistem penomorannya. Belum tau? Tenang saya akan memperlihatkan informasinya kepada kamu.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa surat resmi ada banyak macam-macamnya. Ada surat keputusan, surat undangan, surat permohonan, surat mandat, surat tugas, surat pernyataan, surat keterangan, surat rekomendasi, dan masih banyak lagi.

Setiap surat tersebut mempunyai angka unik tersendiri yang berafiliasi dengan sistem penomoran surat resmi.

Sebagai pola surat keputusan dengan nomor 01, surat ajakan isyarat nomor suratnya 02, surat permohonan (03), Surat Pemberitahuan (04), surat peminjaman (05), surat pernyataan (06), surat mandat (07), surat kiprah (08) dan lainnya yang masing-masing mempunyai isyarat tersendiri. Kode nomor tersebut silakan kau tulis di bab paling kiri

Nomor : 01.

Langkah berikutnya yaitu tambahkan Nomor urutan surat yang dikeluarkan tersebut. Tulis di sebelah angka 01. Jadinya akan menyerupai ini :

Nomor : 01.001

Setelah nomor 001 sudah kau cantumkan, langkah selanjutnya yaitu dengan menuliskan isyarat nomor yang berisi nama forum yang mengeluarkan surat. Contoh, jikalau Sekolah Menengan Atas Negeri 4 Jakarta yang mengeluarkan surat tersebut maka dapat ditulis dengan SMA-4. Maka nomor surat kini menjadi :

Nomor : 01.001/SMA-4/

Jika isyarat nomor untuk forum sudah ditulis maka selanjutnya kau harus menuliskan isyarat bulan dan juga tahun. Khusus untuk bulan ditulis dalam bentuk Romawi. Jadinya menyerupai ini :

Nomor : 01.001/SMA-4/X/2019

Nah hingga ketika ini, kau sudah dapat menulis surat dengan cara sederhana. Setiap forum atau perusahaan terkadang mempunyai isyarat unik tersendiri dalam penomoran surat resmi yang biasa mereka buat.

Kesimpulan
Dan yang paling penting yaitu sebuah nomor pada surat resmi harus mengandung 5 komponen yakni : isyarat jenis surat, isyarat urutan surat, isyarat lembaga, bulan pembuatan, dan tahun pembuatan. Itu yaitu komponen yang wajib ada pada nomor surat resmi.

Demikian dari untuk format dan cara menciptakan nomor surat resmi yang baik dan yang sesuai, mungkin diantara kau belum tau atau memang belum faham fungsi serta cara untuk membuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar