Menyajikan Informasi Penting Untuk Anda.

Senin, 25 Maret 2019

Pengertian Cangkok Dan Cara Mencangkok Yang Mudah Dan Cepat

Sebagai negara yang aktif dan sangat luas tanahnya, sehingga masih aneka macam masyarakat kita yang menjadi petani. Baik itu petani buah atau petani menyerupai menanam sayur-mayur. Kedua jenis pekerjaan ini memang menjadi dominan dan yang paling umum menjadi pekerjaan masyarakat kita sekarang.

Walau memang ketika ini banyak dari belum dewasa petani beralih pekerjaan menjadi kerja di kantor, namun tetap saja ada juga yang menjadi petani. Nahh salah satu hal yang menarik dari seorang petani yaitu sanggup menguasai teknik-teknik yang tidak diberikan oleh sekolah atau pun guru, menyerupai perkembang biakkan tumbuhan melalui batang (Cangkok).

Bagi kau yang belum faham dan mengerti perihal cangkok, sanggup lho mencari-cari atau searching di Google, namun kami berikan sedikit pengertian cangkok serta beberapa cara mencangkok.

Apa itu Cangkok?

CANGKOK, Mencangkok merupakan salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tumbuhan yang mempunyai sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan. Selain itu, pohonnya juga tidak terlalu tinggi.

Mencangkok dilakukan dengan cara menguliti hingga higienis dan menghilangkankambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm pada tumbuhan dikotil untuk kemudian dipindahkan ke dalam wadah lain ketika akar telah tumbuh.

Cangkok yaitu cara perkembangbiakan pada tumbuhan dengan menanam batang atau dahan yang diusahakan berakar terlebih dahulu sebelum di potong dan di tanam di kawasan lain. Tidak semua tumbuhan sanggup di cangkok. Tumbuhan yang sanggup di cangkok hanyalah tumbuhan dikotil dan tumbuhan biji terbuka.

Cara perkembang biakan dengan mencangkok yaitu sangat istimewa terutama untuk buah-buahan. Karena rasa dan bentuk buah yang dihasilkan biasanya akan sama persis dengan induknya. Berbeda jikalau perkembang biakan di lakukan dengan menanam biji, terkadang tumbuhan yang dihasilkan tidak sama dengan kriteria yang dimiliki oleh induknya.

Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji dan mempunyai sifat yang sama dengan induknya. Akan tetapi, tumbuhan hasil cangkokan gampang roboh, alasannya yaitu sistem perakarannya yaitu serabut, oleh alasannya yaitu itu berhati-hatilah ketika menanamnya dan umurnya lebih pendek dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji.

Cara Mencangkok yang simpel dan cepat

Pada ketika mencangkok, kambium pada cabang atau ranting harus dihilangkan supaya kulit tidak terbentuk kembali. Bila kulit terbentuk kembali, maka akar tidak akan sanggup terbentuk. Sebaliknya, jikalau lapisan cambium tersebut bersih, maka hasil fotosintesis akan terkumpul di kawasan cambium yang telah dibersihkan dan pertumbuhan akar sanggup terangsang dengan baik.

Untuk acara mencangkok ini ada beberapa peralatan yang harus di persiapkan antara lain :
1. Pisau/ cutter atau alat pemotong lain yang tajam untuk mengupas kulit pohon yang akan dicangkok.
2. Tali pelastik untuk mengikat pembungkus dan epilog bekas sayatan.
3. Plastik Pembungkus / ijuk / sabut kelapa untuk menutup dan membungkus bekas sayatan.
4. Tanah atau moss (sabut kelapa yang telah dihaluskan hancur untuk media tumbuhnya akar.

Cara mengupas/ menyayat dan memotong kulit cabang atau batang tumbuhan yang dicangkok yaitu sebagai berikut :
  • Kulit sekeliling cabang atau batang yang telah dipilih disayat dan dikelupas hingga bab kayunya sehingga lapisan kambiumnya hilang.
  • Sayat cabang atau batang hingga benar-benar higienis dari bab kulit ataupun cambium dari batang pohon tersebut.Balut dan tutup hasil kupasan yang sudang selesai, diberi media berupa tanah atau moss tadi untuk tumbuh bab akarnya.
  • Tutup media tanah atau moss dengan plastik transparan, sabut kelapa atau ijuk dengan dekat supaya media menempel pada bab batang atau cabang yang dikupas. Jika membungkus memakai plastik sebaiknya diberi lubang-lubang kecil dengan cara ditusuk-tusuk untuk kawasan resapan dan masuknya air.
  • Lakukan penyiraman rutin jikalau tidak terjadi hujan atau mencangkok pada ketika isu terkini panas. Tetapi jikalau curah hujan tinggi sanggup mengandalkan siraman air hujan saja.


Selanjutnya jikalau dari cangkokan tersebut telah terlihat akar yang sudah tumbuh terlihat banyak, maka sanggup dilakukan pemotongan. Kemudian pindahkan untuk ditanam atau di deder(dibibit dalam pot atau plyback) untuk dibesarkan hingga tumbuhan cukup besar dan berpengaruh untuk ditanam ditempat yang kita inginkan.

Catatan sebaiknya penanaman tumbuhan gres ini dilakukan sempurna pada awal isu terkini hujan untuk menjadi ketersediaan air penyiraman yang lebih baik. Lakukan perawan tanam dengan memberi pupuk baik pupuk kandang, pupuk buatan, pestisida dan diberi pagar dari kayu atau bambu untuk penunjang atau penguat pada batang pohon.

Kesimpulan

Tidak ada hal yang Istimewa dari cara mencangkok atau pengertian mencangkok, namun yang menarik yaitu bagaimana kita mau mempelajari pengetahuan perihal cara mencangkok. Karena tidak semua orang mau membaca cara mencangkok tapi lebih suka pribadi mencangkok, padahal kalau sambil membaca maka akan lebih faham cara mencangkok yang cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar